Get Adobe Flash player

Dusun Donotirto

DUSUN III DONOTIRTO

 

SEKILAS TENTANG DUSUN

baca juga  Sejarah Dusun Donotirto

            Donotirto adalah Dusun paling utara dari Desa Bangunjiwo, bersama Dusun Lemahdadi. Berbatasan langsung dengan Desa Tamantirto di Kabupaten Bantul dan Desa Ambarketawang di Kabupaten Sleman. Bagian selatan dusun ini didominasi dengan areal persawahan, baik itu padi maupun tebu. Sedangkan di bagian utara & barat dari Donotirto adalah perbukitan.Memang untuk dusun ini tidak termasuk dalam daerah wisata KAJIGELEM, namun potensi lain yang ada di dusun ini adalah Kesenian Jathilan dan Industri Bakpia Safe.

   

Pohon palem & pisang berjajar rapi di tepi jalan dusun Donotirto

 

  

Daerah barat & utara dusun yang didominasi perbukitan

 

 

Aktivitas panen tebu yang disebut ‘rembang’ oleh masyarakat lokal.

 

Tebu yang telah dipanen kemudian diangkut dengan truk untuk dibawa ke Pabrik Gula Madukismo yang letaknya tak jauh dari Dusun Donotirto. Sebagian besar areal persawahan di Dusun Donotirto memang digunakan sebagai lahan tebu. Sisanya ditanami padi & palawija. Terutama di daerah perbukitan Dusun Donotirto, banyak kita temui kebun-kebun palawija.

 

FASILITAS & FITUR DUSUN DONOTIRTO

Tidak banyak fasilitas Dusun yang dimiliki oleh Donotirto. Terdapat 4 Lapangan Olahraga, yang digunakan warga untuk berbagai macam olahraga, seperti sepak bola, badminton & bola voli. Sala satunya adalah Lapangan Donotirto yang terletak di seberang SD dan berbatasan langsung dengan sawah. Setiap sore, banyak digunakan anak-anak untuk bermain.

Anak-anak lokal bermain di Lapangan Donotirto

 

Di bidang Pendidikan, Dusun ke-tiga dari Desa Bangunjiwo ini memiliki sebuah SD, yaitu SD Donotirto. Walau terletak di desa, SD Donotirto memiliki fasilitas yang bagus & memenuhi standar. Tidak heran jika siswa-siswi nya semangat untuk sekolah & hasilnya, murid SD Donotirto tidak kalah bersaing dalam hal akademik dengan SD lain di Bangunjiwo. Donotirto juga memiliki satu buah TK, yang bernama TK Adi Siwi Donotirto. Letaknya tak jauh dari SD Donotirto, tepatnya di sebelah timur SD.

 

SD Donotirto

TK Adi Siwi Donotirto

 

  

Gapura rumah dinas TNI-AL Donotirto Indah

 

Di Dusun Donotirto juga terdapat satu kompleks Rumah Dinas TNI-AL yang diberi nama Donotirto Indah. Letaknya di tengah area persawahan di pinggir Dusun.

Donotirto sebenarnya memiliki banyak lahan persawahan & kebun. Di pinggir dusun juga masih dapat kita jumpai hutan & semak belukar. Akan tetapi lambat laun makin berkurang luasnya dikarenakan alih fungsi lahan. Areal persawahan khususnya, banyak yang diubah menjadi permukiman & perumahan

 

Salah satu sudut Dusun Donotirto yang sudah mulai dipenuhi perumahan

 

Para pekerja sedang mengerjakan proyek sebuah perumahan

 

Salah satu bukit yang telah dikeruk & rawan longsor

 

Berikut daftar selengkapnya mengenai Fasilitas yang dimiliki oleh Dusun Donotirto:

No.

Kategori Fasilitas

Rincian Fasilitas

Jumlah

1. Ruang Terbuka Lapangan Olahraga 4
Jalur Hijau 1
Tempat Bermain 1
2. Pendidikan TK 1
SD 1
3. Peribadatan Masjid 2
Langgar 3
4. Perekonomian Toko 12
Warung 1
5. Kesehatan Posyandu 2
6. Pemerintahan Gardu Jaga (Pos Ronda) 10

 

INDUSTRI

            Terletak di RT 07 dusun Donotirto, Industri Bakpia Safe berdiri. Menurut salah satu pemilik usaha yang ada di daerah tersebut, Ibu Ponirah, “ Dulu saya adalah seorang buruh pembuat Bakpia 75 di Pathuk, Yogyakarta. Dengan hanya bermodalkan pengalaman kerja yang sudah cukup lama, saya memutuskan keluar dari pekerjaan saya saat itu. Saya berniat merubah nasib perekonomian kampung saya..” Maka pada tahun 2000 ibu Ponirah memulai usaha tersebut di rumah, dia membuat bakpia sendiri dengan peralatan yang masih sangat sederhana (manual). Awalnya beliau hanya dibantu suaminya membuat secara kecil-kecilan. Berkat ketekunan dan kerja keras, lambat laun Bakpia Safe mulai dikenal masyarakat luas. Kini usaha bakpia milik ibu Ponirah telah mempunyai 5 orang pekerja.

                Bakpia Safe yang dibuat dari kacang ijo asli dan bahan-bahan berkuaitas baik, dengan berbagai varian rasa dan bentuk. Karena bakpia meerupakan oleh-oleh khas Jogjakarta, maka ibu Ponirah memperlebar pemasarannya yaitu membuka toko oleh-oleh khas Jogja di perlintasan jalur Jogja Porwokerto, tepatnya di Jalan Wates (depan Pasar Gamping, Sleman). Selain sudah memiliki toko sendiri, Bakpia safe juga di pasarkan di Supermarket, warung-warung kecil, dan pasar tradisional.

                Bakpia Safe juga melayani pesanan partai besar dan kecil, hajatan, tasyakuran, dll. Barang yang dipesanakan diantarkan sampai tujuan dengan pelayanan yang memuaskan. Jika anda berminat atau ingin mencoba silahkan datang langsung ke dusun Donotirto RT 04, disana anda akan langsung menjumpai tempat usaha tersebut, atau melalui Contact Person 081904157464 atas nama Bapak Sunardi.

KESENIAN

            Selain mempunyai home indutri (industry rumahan), dusun Donotirto juga mempunyai kesenian Jathilan Kudho Manunggal. Awal dibentuk pada tahun 1996. Pada tahun tersebut kesenian tradisional ini hanya mempuyai sedikit anggota. Karena bertujuan untuk melestarikan kesenian tradisional agar tidak tergusur oleh hiburan modern, kini kesenian Jathilan Kudo Manunggal memiliki total 60 orang anggota.

                Jathilan Kudho Manunggal tidak hanya memenuhi panggilan di kampung-kampung, namun juga pernah pentas di Purawisata pada tahun 2000 dan acara kirab budaya di Desa Bangunjiwo. Sampai saat ini kesenian ini pun masih tetap eksis dan bagi masyarakat yang membutuhkan pentas Jatilan Kudho Manunggal untuk acara hajatan, khitanan, dll dapat menghubungi Contact Person 081904157464 (Bapak Sunardi).

Berikut data mengenai penduduk dusun Donotirto selengkapnya;

No.

Berdasarkan

Jumlah
1. Jenis Kelamin

L

P

614

682

1.296

2. Struktur Pendidikan

Tidak/Belum

Sekolah

Lulus

SD

Lulus SMP

Lulus

SMU

Akademi/

PT

296

217

113

98

32

756

3. Umur

0-14

15-24

25-49

>50

402

223

441

260

1.296

4. Pekerjaan

Petani

Buruh

Pedagang

PNS

Swasta

Guru

Pengusaha TNI/POLRI

37

458

50

15

-

3

2

23

588

Jumlah KK : 355