Get Adobe Flash player

Jathilan

Jathilan adalah salah satu jenis kesenian yang telah membudaya di seluruh penjuru Desa Bangunjiwo. Kesenian tari kuda lumping ini telah ada di Bangunjiwo sejak puluhan tahun silam, walau tidak ada catatan pasti mengenai hal ini.

Berkaitan dengan Festival Budaya Bangunjiwo, Jathilan pasti hampir tidak pernah absen untuk mengadakan pentas. Jathilan seakan sudah menjadi menu rutin dalam rangkaian acara Festival Budaya di Desa Bangunjiwo. Perubahan yang terjadi hanyalah banyaknya grup / paguyuban Jathilan yang mendaftarkan diri untuk pentas. Di awal-awal pagelaran Festival Budaya Bangunjiwo, hanya ada satu dua paguyuban Jathilan yang unjuk kebolehan. Dan untuk tahun 2012 ini, pentas seni tari Jathilan dalam rangka Festival Budaya Bangunjiwo berhasil menampilkan empat paguyuban jathilan yang memakan waktu empat hari.

Diadakan mulai hari selasa, tanggal 18 desember 2012 dan berakhir pada hari jum’at tanggal 21 desember 2012. Sebagai pembuka adalah paguyuban Jathilan dari Dusun Salakan, atau dikenal dengan nama “Sekar Kinasih”. Kemudian disusul esok harinya oleh rombongan “Turonggo Mudho” dari Pedukuhan Donotirto. Dilanjutkan dengan pentas yang tak kalah attraktif dari “Kudho Setyo Bawono” Pedukuhan Kajen. Dan ditutup oleh pementasan ciamik Jathilan Pedukuhan Petung yang dikenal dengan nama “Bekso Aswo Tomo”.

 

Keempat grup Jathilan yang pentas. Dari kiri atas searah jarum jam: Jathilan “Sekar Kinasih” Salakan, Jathilan “Turonggo Mudho” Donotirto, Jathilan “Kudho Setyo Bawono” Kajen, dan Jathilan “Bekso Aswo Tomo” Petung.

Mengambil tempat di depan pendopo Kelurahan Bangunjiwo, pentas seni Jathilan  berhasil menyedot animo masyarakat. Tak peduli panas terik ataupun hujan gerimis, penonton tetap berbondong-bondong melihat kesenian tari tradisional ini.Waktu pementasan dimulai pada jam satu siang dan harus berakhir sebelum adzan maghrib berkumandang. Dengan rentang waktu yang relatif singkat tersebut, setiap grup maksimal hanya dapat mementaskan tiga babak Jathilan saja. Dikarenakan pada malam harinya masih ada pentas seni lain seperti dhadungawuk ataupun ande-ande lumut di arena yang sama.

Walaupun hanya menyuguhkan maksimal tiga babak pementasan, secara keseluruhan penampilan Seni Tari Jathilan di Festival Budaya Bangunjiwo pada tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan berhasil menyuguhkan tontonan yang atraktif dan menghibur.

KLIK Link Dibawah ini untuk menuju ke masing-masing Grup Jathilan yang tampil pada saat Festival Budaya Bangunjiwo tahun 2012.

JATHILAN “SEKAR KINASIH” SALAKAN

JATHILAN “TURONGGO MUDHO” DONOTIRTO

JATHILAN “KUDHO SETYO BAWONO” KAJEN

JATHILAN “BEKSO ASWO TOMO” PETUNG
Selamat Menikmati…