Get Adobe Flash player

Sendang Semanggi

SENDANG SEMANGGI SEMBUNGAN

Di halam ini anda dapat menemukan :

  1. APA ITU SENDANG SEMANGGI
  2. SEJARAH SENDANG
  3. ROAD TO SENDANG SEMANGGI

 

APA ITU SENDANG SEMANGGI

Sendang Semanggi adalah sendang /mata air yang terletak di Dusun Sembungan, Desa Bangunjiwo. Sendang Semanggi memiliki luas sekitar 2 x 2 m dengan kedalaman 1,5 m. Hal yang menjadikan sendang berair jernih ini terlihat unik, sekaligus mistis disebabkan oleh tiga pohon yakni pohon Beringin, Pohon Pamrih dan Pohon Sambi yang tumbuh di sekitar sendang. Ketinganya membentuk semacam tembok alam yang mengitari sendang dan membentuk semacam cekungan.

Sendang Semanggi dengan ketiga pohon yang membentenginya

 

SEJARAH SENDANG SEMANGGI

Sendang Semanggi tampak dari samping

Sendang Semanggi tersebut pertama kali ditemukan oleh Almarhum Bp. Marto Pangarso , seorang sipritualis yang telah mendapatkan wangsit sekitar tahun 1940 . Beliau menelusuri Gunung sempu, sebuah bukit yang terletak dibelakang Sendang Semanggi, dan mendapatkan sebuah sendang. Kemudian membangun sebuah padepokan sebagai tempat tinggal dan meninggalkan tempat tinggalnya di Sekitar Nataprajan.

Hutan di sekitar sendang dengan latar belakang bukit Gunung Sempu

 

Sendang tersebut kemudian dipergunakan sebagai tempat tirakatnya dengan cara kungkum (berendam). Sendang ini semula diberi nama Sendang Titis, yang berarti Jitu atau tepat sasaran. Hal ini karena Sendang Semanggi dianggap menjadi tempat untuk mendapatkan wangsit yang jitu. Jikalau kemudian dinamakan Sendang Semanggi, ini dikarenakan di sekililing tempat tersebut banyak ditumbuhi tanaman semanggi.

Sendang ini pernah dijadikan mantan Presiden Soeharto sebagai tempat untuk mencari ketenangan batin. Disini, Bpk. Marto Pangarso atau disebut Romo Marto menjadi salah satu guru spiritual sang Presiden, bersama Romo Dijat dan Romo Budi Utomo.

Sendang Semanggi yang sering digunakan untuk bertapa & semedi

Dan didalam pendopo padepokan yang terletak disebelah tenggara dari Sendang Semanggi,  kita dapat melihat lukisan foto Romo Marto yang diapit oleh foto Romo Dijat dan Romo Budi Utomo.

Pendopo padepokan tampak dari depan

 

ROAD TO SENDANG SEMANGGI

 

Jika kita ingin mengunjungi situs Sendang Semanggi, terlebih dahulu kita harus mengetahui dimana letak Dusun Sembungan. Dusun Sembungan adalah dusun yang terletak di sisi sebelah timur dari Desa Bangunjiwo. Tepatnya dari Sentra Gerabah & Keramik Kasongan, ambil ke arah barat atau keluar dari Kasongan. Segera setelah itu kita akan menjumpai sebuah masjid di kiri jalan. Tepat di sebelah barat Masjid yang bernama Masjid Al-Aziz, terdapat sebuah pertigaan, dengan tugu ditengah-tengahnya.

Ambil arah kanan dari pertigaan tersebut, maka kita akan dibawa menuju wilayah Dusun Sembungan. Tanda bahwa kita telah memasuki wilayah dusun terakhir dari Desa Bangunjiwo ini adalah sebuah gapura berwarna merah kecoklatan di kanan kiri jalan, tak jauh dari pertigaan tadi.

Gapura Dusun Sembungan

 

Untuk melanjutkan perjalanan menuju Sendang Semanggi, dari Gapura Dusun Sembungan, kira-kira 50 meter ke arah utara, terdapat sebuah warung makan bernama ‘Ayam Goreng Mbah Cemplung’ yang ramai dikunjungi pelanggan. Masuklah ke gang, tepat di utara warung makan tersebut, dan lanjutkan perjalanan ke arah barat sampai mentok. Kita akan menemui sebuah pendopo dengan patung ganesha di altar nya. Sendang Semanggi terletak di arah barat laut dari pendopo tersebut.

 

Baca Juga Tentang